Rabu, 21 Februari 2018

Cara Mudah Menyulap Bemper Mobil yang Bermasalah dengan Cara yang Kreatif



Mengendarai mobil memang tidak terlepas dari adanya kerusakan bodi kendaraan tersebut yang secara tidak disengaja terjadi akibat kelalaian pengemudinya atau pengendara kendaraan lainnya. Hal ini tentunya lebih sering terjadi pada kota besar seperti Jakarta yang padat akan penduduk dan hampir semua warganya memakai kendaraan bermotor untuk berpergian. Salah satu bagian mobil yang paling sering terkena apesnya adalah bagian bumpernya. Bagian ini sebenarnya adalah aksesoris mobil saja, namun jika terjadi kerusakan, pastinya Anda akan merasa kesal dan tidak membuat penampilan mobil yang Anda miliki menjadi prima lagi. Kebanyakan dari pemiliknya biasanya langsung mengganti bumper yang rusak dengan yang baru, namun jika Anda hanya memiliki uang yang pas-pasan, ada baiknya untuk memperbaikinya dengan menggunakan beberapa trik. Berikut ini adalah cara menyulap bumper Anda menjadi terlihat baru kembali dengan mudah:

1. Hair Dryer
Bukan hanya berguna untuk mengeringkan rambut yang basah saja, namun nyatanya alat ini bisa digunakan untuk membuat bumper Anda yang penyok kembali seperti semula dan tidak terlihat adanya kerusakan. Untuk menyulapnya kembali baru, Anda harus memanaskan bumper dengan hair dryer hingga meleleh. Hal ini dikarenakan bumper mobil biasanya terbuat dari plastic dan akan mudah meleleh jika dipanaskan. Setelah melunak, doronglah bumper yang penyok dari dalam secara perlahan dengan tangan sampai kembali seperti semua. Jika sudah normal, oleskan cat sampai menutup goresan pada bumper Anda.

2. Air Panas
Jika Anda tidak memiliki hair dryer di rumah, Anda bisa menggunakan air panas dan dapat menyulap bumper kembali seperti semula. Siram air tersebut pada bagian yang penyok berulang-ulang dengan perlahan, jika melunak Anda dapat mendorongnya dari bagian dalam hingga lurus kembali. Setelah itu, Anda bisa mengecatnya kembali agar warna dan bekas penyok tidak terlihat lagi dari badan bumper Anda.

3. Jahit dengan Kawat
Bukan hanya baju saja yang dijahit jika robek, namun bumper mobil yang robek juga bisa Anda jahit hingga terlihat baru lagi. Anda hanya perlu melepas bumper dan memberi lubang pada bagian yang ingin dijahit. Rekatkan kedua bagian yang ingin dijadikan satu kembali dengan kawat dan menerapkan cara umum menjahit. Setelah selesai, Anda harus meratakan bekas jahitan yang menimbul dengan memanaskannya sampai rata. Berikutnya, Anda bisa mendempul permukaannya hingga rata dan mengecatnya sehingga terlihat baru.

4. Menanam Lempeng Plat
Cara terakhir untuk memperbaiki bumper Anda yang robek adalah dengan menanam dengan lempeng plat. Anda bisa menggunakan sebuah plat yang tipis dan menggunakan obeng yang dipanaskan untuk menutup celah yang ada pada bumper. Tanam lempeng dan tutup dengan plastic cair. Setelah itu, amplaslah bumper hingga rata. Lalu dempul dan catlah hingga terlihat seperti bumper baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar